Usaha Ibu Rumah Tangga Tanpa Modal yang Menguntungkan 5/5 (1)

0
44
Usaha Ibu Rumah Tangga Tanpa Modal yang Menguntungkan
Usaha Ibu Rumah Tangga Tanpa Modal yang Menguntungkan

Usaha Ibu Rumah Tangga Tanpa Modal yang Menguntungkan – Menjadi ibu rumah tangga adalah pilihan sebagian wanita setelah mereka menikah. Namun, memilih menjadi seorang ibu pengurus keluarga tidak menutup kemungkinan untuk tetap bisa produktif dan bisa menghasilkan uang.

Terdapat beberapa usaha ibu rumah tangga tanpa modal yang bisa Anda jalankan. Mulai dari usaha jasa hingga usaha penyedia barang maupun makanan yang menguntungkan. Semua itu bisa dilakukan di rumah, tanpa perlu khawatir pekerjaan rumah terbengkalai.

Inilah Daftar Usaha Ibu Rumah Tangga Tanpa Modal yang Menjanjikan dan Patut Anda Coba

Bagi sebagian ibu rumah tangga memiliki penghasilan tambahan tentu akan sangat membantu kebutuhan ekonomi keluarga. Maka dari itu, berikut ini ada beberapa daftar usaha tanpa modal yang bisa Anda jalankan di rumah.

Namun ingat, ketika Anda menjalankan usaha tersebut, jangan sampai mengabaikan pekerjaan utama Anda sebagai seorang ibu rumah tangga.

1. Jasa Les Privat

Usaha ibu rumah tangga tanpa modal yang pertama adalah dengan membuka jasa les privat untuk anak. Usaha ini membutuhkan kemampuan akademik yang baik, sehingga Anda harus bersungguh-sungguh ketika menjalankannya.

Usaha ini bisa Anda jalankan dengan berpegang pada latar belakang pendidikan Anda semasa bersekolah. Terlebih jika Anda memiliki kemampuan yang baik di bidang pelajaran tertentu.

Anda bisa membuka les untuk anak SD, SMP maupun SMA. Usaha les privat anak ini bisa Anda jalankan di rumah sendiri, sehingga akan lebih memudahkan Anda.

2. Usaha Jasa Penjahitan Pakaian

Jika Anda adalah seseorang yang memiliki keterampilan menjahit dengan baik, ini bisa menjadi modal utama Anda untuk membuka usaha jasa penjahitan pakaian. Atau jika memang keterampilan belum memadahi, Anda bisa mengikuti kursus menjahit terlebih dahulu untuk menambah skill menjahit yang dimiliki.

Ketika menjalankan usaha ini, Anda bisa memulainya dengan membuat pakaian-pakaian sendiri terlebih dulu agar calon konsumen nantinya mengetahui kualitas hasil jahitan yang Anda buat. Usaha ini bisa dilakukan di rumah sehingga Anda juga tetap bisa melakukan pekerjaan lainnya, seperti mengawasi anak.

Usaha ini bisa menjadi peluang yang menjanjikan bagi Anda, terlebih seorang penjahit selalu memiliki tempat di masyarakat. Mereka akan selalu membutuhkan seorang penjahit untuk membuat seragam anak sekolah mereka, menjahit bet, membuat seragam keluarga, atau sekadar untuk mengecilkan baju-baju mereka yang kebesaran, serta lain sebagainya.

3. Membuat Aneka Kerajinan Tangan

Sembari mengisi waktu luang, Anda juga bisa melakukan usaha ibu rumah tangga tanpa modal dengan cara membuat aneka kerajinan tangan. Terlebih jika sebelumnya memang memiliki keterampilan atau kreatifitas yang tinggi sehingga akan mempermudah Anda dalam menjalankan usaha ini.

Anda juga bisa belajar membuat kerajinan tangan yang menarik, serta unik melalui internet atau youtube. Banyak sekali tutorial atau langkah-langkah cara membuat kerajinan tangan yang dapat memudahkan Anda.

Untuk masalah bahan, Anda dapat  menggunakan barang-barang bekas atau yang sudah tidak terpakai di dalam rumah. Usaha, niat dan kreativitas Anda akan mengubah barang-barang bekas tersebut memiliki nilai ekonomis yang lumayan tinggi.

Untuk mempromosikan hasil kerajinan tangan yang telah Anda buat, media sosial juga menjadi tempat yang sangat mendukung untuk ajang promosi dan berjualan. Terlebih di jaman sekarang setiap orang pasti tak lepas dari bermain media sosial.

4. Menerima Pemesanan Katering

Menerima pemesanan katering bisa menjadi pilihan usaha Anda, apalagi bagi yang memiliki hobi memasak serta suka melakukan eksperimen-eksperimen di dapur dengan resep-resep pilihan. Usaha ini merupakan salah satu usaha yang selalu dibutuhkan oleh orang-orang.

Ketika memulai usaha ini, Anda bisa mempromosikannya ke orang-orang sekitar tempat tinggal terlebih dahulu. Seperti keluarga, tetangga serta sahabat atau teman-teman arisan Anda. Jika Anda serius melakukan usaha ini, seiring berjalannya waktu usaha Anda akan terkenal dan banyak menerima pelanggan.

5. Usaha Laundry

Usaha ibu rumah tangga tanpa modal yang selanjutnya adalah Usaha Laundry. Usaha ini tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Modal yang dibutuhkan hanyalah mesin cuci serta, setrika, parfum laundry serta sebuah tempat untuk menerima dan mengembalikan baju konsumen.

Terlebih jika lokasi rumah Anda dekat dengan kampus, kos-kosan ataupun perkantoran maka hal ini bisa menjadi peluang besar untuk memajukan usaha ini.

Pasalnya, kebanyakan pengguna jasa laundry adalah mahasiswa juga pekerja yang biasanya tidak memiliki waktu luang untuk mencuci pakaian mereka.

6. Content Writer

Apakah Anda termasuk orang yang memiliki hobi menulis?  Jika iya maka usaha ibu rumah tangga tanpa modal yang ini sangat cocok untuk Anda. Content writer merupakan jasa kepenulisan yang menyediakan berbagai tulisan-tulisan untuk mengisi sebuah website.

Jika Anda sudah memiliki laptop ataupun komputer di rumah, maka Anda hanya perlu meningkatkan kemampuan menulis supaya menunjang ketrampilan dalam melakukan usaha ini.

7. Menjadi Reseller

Reseller adalah sebuah usaha yang dijalankan oleh ibu rumah tangga dengan cara menjual kembali sebuah barang yang diperolehnya dari supplier. Bisnis ini hanya perlu Anda jalankan melalui gadget yang dimiliki.

Anda dapat mempromosikan barang yang ingin Anda jual tersebut melalui media sosial seperti Facebook, Instagram atau WhatsApp.

Pilihan barang yang bisa Anda jual sangat beragam, misalnya pakaian, alat rumah tangga, perlengkapan sekolah, tas, sepatu, jilbab atau produk kosmetik. Pemasarannya terbilang sangat mudah, bisa Anda lakukan kapan saja dan di mana saja.

Salah satu yang paling direkomendasikan adalah berlcosmetics, selengkapnya silahkan join dulu di komunitas B erl FAMILY

8. Usaha Jual Pulsa

Untuk melakukan usaha jual pulsa, Anda tidak harus memiliki sebuah counter Hp terlebih dulu. Dengan bermodalkan Hp saja, Anda sudah bisa menjalankan usaha ibu rumah tangga tanpa modal ini.

Anda hanya perlu mendaftarkan diri kepada agen-agen pulsa yang ada di sekitar tempat tinggal. Anda dapat menjalankan bisnis ini tanpa perlu melakukan banyak aktivitas fisik yang melelahkan.

Peluang keberhasilan usaha ini juga cukup tinggi. Pasalnya, setiap orang tidak akan bisa lepas dari kebutuhannya untuk membeli pulsa.

9. Bisnis Editting

Kemampuan yang dibutuhkan oleh usaha ibu rumah tangga tanpa modal yang ini yakni kemampuan yang baik dalam mengedit naskah serta penguasaan terhadap Ejaan Yang Disempurnakan atau EYD.

Anda bisa menerima pengeditan naskah dari seorang penulis maupun mahasiswa yang memerlukan bantuan pengeditan untuk naskah mereka.

Hal-hal yang akan Anda kerjakan ketika melakukan bisnis ini tidak jauh dari urusan edit mengedit, seperti memperbaiki pemakaian tanda baca serta ejaan yang kurang tepat, membenarkan kalimat-kalimat yang tidak efektif, serta membuat sebuah tulisan itu menjadi menarik dan sesuai dengan aturan EYD.

10. Bisnis Tanaman

Usaha ibu rumah tangga tanpa modal yang satu ini bisa menjadi sangat menyenangkan jika pada dasarnya Anda memang memiliki hobi serta suka merawat dan mengoleksi berbagai jenis tanaman di rumah.

Karena selain menjalankan hobi Anda juga akan mendapatkan penghasilan. Anda bisa menjalankan bisnis ini dengan menawarkan berbagai jenis tanaman. Seperti tanaman obat-obatan, tanaman rempah-rempah dan yang paling populer biasanya adalah tanaman bunga hias.

Anda bisa melakukan bisnis ini di halaman depan atau belakang rumah. Menyenangkan bukan melakukan hobi tapi mendapat gaji?

11. Produksi Kue Kering

Usaha di bidang kuliner yang satu ini bisa Anda jalankan dengan modal kecil. Jika Anda termasuk orang yang suka mencoba hal-hal baru di dapur, itu bisa menjadi modal awal untuk memulai usaha Produksi Kue Kering ini.

Anda bisa melakukan inovasi terhadap resep-resep kue yang Anda kuasai sebelumnya. Lakukan eksperimen untuk membuat kue-kue kering yang sedang hits di pasaran dan banyak disukai oleh pembeli.

Untuk pengemasannya, Anda harus membuatnya terlihat menarik supaya orang-orang tertarik untuk membeli kue kering Anda.

Untuk masalah pemasaran, Anda bisa mulai memasarkannya dari lingkungan terdekat Anda terlebih dahulu.

Seperti tetangga, keluarga, teman sebaya Anda, menitipkannya di warung-warung yang ada di sekitar tempat tinggal atau juga bisa mempromosikannya melalui media sosial seperti instagram dan yang lainnya.

12. Dropship

Dropship memiliki kemiripan dengan reseller, yang membedakan yakni saat menjadi dropship Anda tak perlu menyediakan serta mengirim barang secara langsung kepada konsumen.

Pekerjaan Anda hanya mencari orang yang akan membeli produk yang Anda promosikan. Konsumen atau orang-orang yang tertarik membeli barang Anda, akan mengirim uang ke nomor rekening sesuai dengan harga produk yang diberikan sebelumnya.

Nah, setelah konsumen melakukan pembayaran, Anda hanya perlu mengirimkan alamat serta produk yang diinginkan oleh konsumen kepada supplier barang yang Anda promosikan.

Supplier lah yang akan bertugas melakukan pengemasan serta pengiriman barang tersebut ke alamat konsumen. Uang yang perlu Anda bayarkan kepada supplier adalah harga grosir, sehingga Anda masih mendapat keuntungan dari uang yang diberikan oleh konsumen.

13. Usaha Organizer

Usaha lainnya yang juga bisa Anda coba yakni sebagai seorang organizer. Jasa ini biasanya dibutuhkan oleh orang-orang yang akan membuat sebuah acara seperti ulang tahun, pernikahan, atau syukuran sekaligus.

Sebagai seorang organizer, Anda dapat membantu mereka dalam melakukan pengelolaan acara yang akan dilakukan. Klien biasanya akan memberikan uang kepada Anda di awal, sebagai modal untuk penyediaan peralatan yang Anda butuhkan untuk mengelola acara mereka sesuai dengan kesepakatan Anda dengan mereka.

14. Agen Asuransi

Sebagai ibu rumah tangga, tentunya Anda sering berkumpul bersama teman-teman sebaya entah di sekolah ketika menjemput anak, atau saat berkumpul ketika melakukan arisan.

Nah, jika Anda menjadi seorang Agen Asuransi pertemuan-pertemuan semacam itu akan sangat menguntungkan. Pasalnya Anda bisa menawarkan sebuah asuransi yang dapat memberikan jaminan bagi pendidikan maupun kesehatan keluarga mereka.

Dewasa ini, banyak orang tua yang tertarik melakukan asuransi-asuransi semacam itu, sehingga hal ini bisa menjadi peluang yang menguntungkan bagi Anda. Untuk mendaftarkan diri sebagai agen asuransi di suatu perusahaan pun terbilang mudah.

Itulah empat belas daftar jenis usaha ibu rumah tangga tanpa modal yang bisa Anda coba. Betapa menyenangkannya menjadi ibu rumah tangga yang bisa melakukan dua pekerjaan sekaligus, yakni mengurus keluarga serta melakukan pekerjaan produktif untuk menambah penghasilan keluarga.

Selama menjalankan usaha tersebut Anda harus tekun dan bersungguh-sungguh, supaya hasil yang Anda dapatkan juga bisa memuaskan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Please rate this

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here