Berbagai Contoh Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga 5/5 (3)

0
71
Contoh Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga
Contoh Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga

Berbagai Contoh Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga – Banyak orang beranggapan bahwa menjadi seorang Ibu rumah tangga akan menutup peluang untuk memperoleh pendapatan dibandingkan dengan wanita karir.

Namun, hal tersebut tidaklah berlaku untuk saat ini karena dengan kemajuan zaman dan teknologi membuat banyak muncul berbagai peluang usaha Ibu rumah tangga yang tidak hanya menjanjikan tapi juga memberikan keuntungan yang besar.

Banyak diantara Ibu rumah tangga tersebut justru memiliki pendapatan yang lebih besar jika dibandingkan  dengan gaji para pekerja pada umumnya.

Oleh karena itu, Ibu-ibu sekarang tidak perlu khawatir asalkan mau terus berusaha dan tidak malu menjual berbagai jasa ataupun produk yang bisa ditawarkan.

Karena selain memperoleh tambahan dana, Ibu rumah tangga juga tetap bisa mengerjakan berbagai pekerjaan rumah sekaligus mengurus anak dengan baik.

Beberapa Pilihan Untuk Usaha Ibu Rumah Tangga

Terdapat berbagai alasan ketika seorang Ibu akhirnya memutuskan untuk memulai usaha Ibu rumah tangga. Seperti membantu mengurangi beban keuangan, ingin mencari rutinitas lainnya selain pekerjaan rumah tangga, atau bahkan iseng ingin coba-coba.

Apapun alasan tersebut tidaklah menjadi penghalang bagi seorang Ibu rumah tangga untuk membuka usaha sendiri.

Bahkan hal ini sangat dianjurkan asalkan Ibu tersebut mampu membagi waktunya dengan baik. Berikut merupakan 15 jenis usaha bagi Ibu rumah tangga yang cukup menjanjikan dapat dicoba.

1. Content Maker

Jenis usaha Ibu rumah tangga satu ini cukup bervariasi karena bisa digunakan untuk membuat tulisan, video, halaman promo dan lainnya yang berkaitan pembuatan konten yang berguna untuk mengisi blog, web ataupun sebagai media promosi bagi pengusaha, industri ataupun individu.

Permintaan akan content maker selalu meningkat karena semakin banyak muncul media online ataupun berbagai web saat ini. Pengerjaannya juga cukup mudah karena bisa dilakukan di rumah serta waktunya juga bebas.

Namun, setiap project pembuatan konten tentu memiliki deadline. Karenanya, Ibu rumah tangga harus pintar membagi waktu untuk melakukan usaha ini.

2. Jasa Make up

Kebutuhan akan jasa make up tampaknya tidak akan pernah surut. Hal ini dikarenakan terdapat banyak event ataupun acara seperti wisuda, pernikahan, pagelaran dan lainnya yang mengharuskan pesertanya untuk tampil maksimal.

Karena itulah bantuan make up artis sangat dibutuhkan agar penampilan mereka menjadi semakin baik namun tidak norak. Tentu diperlukan beberapa skill dasar sampai advance untuk make up ini.

Semuanya bisa dipelajari dengan mudah melalui youtube ataupun di Instagram. Jika terasa kurang, terdapat berbagai tempat les rias yang biasa ada di perkotaan.

Jika telah ahli Ibu Rumah Tangga (IRT) tersebut bisa membuka salon atau les rias miliknya sendiri suatu saat nanti.

3. Jualan Online

Memiliki bisnis secara online merupakan usaha Ibu rumah tangga yang paling banyak dilakukan saat ini. Karena bisa dilakukan kapanpun dan di manapun dengan bebas. Usaha ini bisa dilakukan bahkan tanpa modal sekalipun asalkan kamu mengerti caranya.

Jualan online bisa dilakukan dengan tiga cara yaitu dropship, reseller atau menjual produk sendiri. Tentu ketiga pilihan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan.

Contohnya pada reseller kamu bisa memperoleh harga yang lebih murah dengan daripada hanya menjadi pembeli biasa untuk produk yang sudah dikenal.

Seterusnya tinggal dijual sesuai dengan besaran harga yang di inginkan namun butuh sejumlah modal awal untuk melakukannya. Dropship merupakan skema yang menjadikan kamu perantara antara pembeli dan penjual sehingga kamu tidak perlu membeli produk apapun.

Sedangkan menjual produk milik sendiri tentu memiliki keuntungan yang lebih besar namun tantangan agar cepat laku membutuhkan usaha yang besar. Namun, jika terus berkembang dan berhasil maka kamu bisa mempekerjakan orang lain.

Rekomendasi bisnis yang cocok untuk anda adalah dengan menjadi Reseller B Erl atau Agen B Erl di Berlcosmetics

4. Jual Pulsa

Usaha satu ini tentu mudah dilakukan karena hanya dengan bermodalkan gadget hp atau smartphone kamu sudah bisa melakukan bisnis ini.

Kamu bisa bergabung dengan dealer pulsa secara online atau memiliki akun sebagai akun penyedia pembayaran yang tidak hanya melayani pengisian pulsa, tapi juga tagihan listrik, air, bpjs dan lainnya.

Keuntungan yang diperoleh juga cukup lumayan karena selain margin harga, terdapat banyak bonus jika berhasil memperoleh target tertentu.

5. Skin Care

Produk kecantikan saat ini merupakan barang wajib bagi wanita namun hal ini juga berlaku bagi pria sehingga peluang pasarnya sangat tinggi. Usaha Ibu rumah tangga satu ini tentu akan mudah menarik perhatian pembeli terlebih jika produknya sudah dikenal dengan baik.

Untuk memperluas pemasaran kamu bisa memakai beberapa agen serta memanfaatkan media sosial. Jika memiliki modal promosi maka kamu bisa memasang iklan di youtube atau memakai jasa paid promote di Instagram para artis.

6. Les Privat

Bagi IRT yang memiliki skill mengajar maka membuka tempat les privat merupakan salah satu alternatif yang baik.

Selain itu, kamu akan memperoleh beberapa keuntungan dengan mengajar les privat seperti mendapatkan uang dan mengasah metode mengajar kepada anak didik.

Ada kemungkinan bagi kamu untuk membuka lembaga les sendiri jika anak didik yang dimiliki semakin banyak.

Karena selain menambah penghasilan kamu juga bisa membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang.

7. Penerjemah

Apabila kamu memiliki kemampuan untuk menguasai beberapa bahasa asing, maka gunakanlah keahlian tersebut dengan menjadi penerjemah. Jenis pekerjaan satu ini bisa kamu dapatkan dengan mudah di internet dan banyak pihak yang membutuhkannya.

Kamu bisa translate buku, artikel ataupun komik asing ke dalam Bahasa Indonesia ataupun sebaliknya. Usaha Ibu rumah tangga ini memiliki peluang yang besar karena banyak informasi penting, menghibur dan menarik dari luar negeri yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.

Sehingga IRT yang terjun pada dunia penerjemahan otomatis ikut serta membantu pendidikan di Indonesia.

8. Menjahit

Memiliki keahlian menjahit merupakan suatu keharusan bagi Ibu rumah tangga dahulu, karena dengan bermodalkan kerajinan, ketelitian dan keterampilan plus mesin jahit yang pas IRT tersebut bisa membuat pakaian jadi yang trendi dan bagus.

Karena membuka jasa menjahit merupakan usaha yang tidak pernah lekang oleh waktu. Keuntungannya adalah jika jasa kamu sudah dikenal maka tetangga atau teman dekat akan memakai jasamu untuk mengurus pakaian-pakaian mereka seperti menjahit pakaian baru, memperbaiki bagian yang robek dan lainnya.

9. Kerajinan Tangan

Memiliki kreativitas merupakan aset penting yang tidak dapat di pungkiri lagi. Karena jika kamu bisa melakukannya dengan baik maka hasil kerajinan tangan tersebut akan mudah dikenal dan diminati oleh banyak orang.

Usaha Ibu rumah tangga satu ini bisa dilakukan di sela-sela waktu senggang sehingga pekerjaan rumah dan mengurus anak tidak akan terbengkalai.

Jika belum memiliki keterampilan kamu bisa mengikuti berbagai kursus singkat yang biasa dilakukan kepada Ibu-ibu rumah tangga.

10. Katering

Usaha makanan dan minuman juga tidak pernah mati bahkan semakin dicari saat ini. Berbagai acara kampus, pemerintah ataupun perkantoran pasti akan mencari catering makanan untuk memenuhi kebutuhan makan ini.

Tentu untuk membuka usaha ini membutuhkan modal yang tidak sedikit namun kamu bisa membuka kecil-kecilan dahulu dan dikembangkan secara perlahan-lahan. Untuk promosi bisa dilakukan melalui teman, keluarga dan pasangan.

Jika semakin sukses kamu bisa mempromosikannya langsung ke institusi ataupun perkantoran.

11. Fotografi

Usaha Ibu rumah tangga lainnya adalah bidang fotografi. Namun, yang dimaksud pada bagian bukan fotografi event akan tetapi lebih kepada menjual foto yang kamu miliki secara online.

Sehingga kamu tidak perlu sering-sering keluar rumah, cukup sesekali dan ambil foto yang bagus lalu upload pada situs stock photography. Pihak pemilik web akan membeli foto tersebut jika sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka.

Oleh karena itu, kamu bisa upload foto milikmu sebanyak-banyaknya agar memperoleh pendapatan yang lebih banyak.

12. Memiliki Warung atau Toko Kelontong

Bisnis sampingan berupa warung ataupun toko kelontong sudah biasa dilakukan oleh Ibu rumah tangga. Karena yang penting adalah membangun warung tersebut di bagian rumah lalu isi dengan kebutuhan sehari-hari dan pembeli pun akan datang dengan sendirinya.

Sambil jaga warung atau toko kamu juga bisa melakukan berbagai pekerjaan lainnya dengan mudah.

Bahkan kamu bisa membaca buku sambil jaga warung, sehingga selain memiliki pendapatan lebih ilmu kamu pun akan bertambah.

13. Memiliki Laundry

Bisnis jasa cuci bersih pakaian juga cocok dilakukan oleh Ibu-ibu rumah tangga. Kamu dapat membangun usaha ini bahkan di dalam rumah asalkan memiliki etalase khusus sebagai tempat menerima pakaian milik pelanggan.

Usaha Ibu rumah tangga ini sangat menjanjikan karena zaman sekarang yang membuat orang ingin serba praktis. Pemilihan lokasinya juga tidak sulit, kamu bisa membuka usaha ini di sekitar area kampus atau bahkan di dalam kompleks perumahan.

14. Aksesoris

Menjual aksesoris wanita juga merupakan bisnis yang menarik. Karena dengan bantuan aksesoris tersebut para wanita akan terlihat semakin cantik dan menarik. Hal ini bisa dipadukan oleh Ibu rumah tangga dengan berjualan pakaian ataupun jilbab.

Untuk membuat jualan kamu menjadi menarik, kamu bisa menjual berupa satu set yang terdiri jilbab, pakaian, celana atau gamis serta aksesoris berupa bros, kalung, anting, gelang ataupun syal yang warnanya senada.

Selain itu kamu bisa membuat diskon atau promo khusus untuk menarik perhatian yang kemudian akan meningkatkan penjualan. Tentunya jualan aksesoris bisa dilakukan juga melalui sosial media agar peluang pasar yang kamu punya semakin luas.

15. Tanaman Hias

Kebanyakan Ibu rumah tangga senang memiliki tanaman hias yang indah dan cantik seperti bunga anggrek, bunga kuping gajah, bakung dan lainnya untuk menghiasi pekarangan ataupun interior rumah.

Sambil merawat bunga tersebut kamu juga bisa menjualnya sekaligus sehingga hobi tersebut dapat menghasilkan uang, dan dari uang itu kamu bisa mencari atau membeli bibit bunga indah lainnya kemudian jual di kemudian hari.

Jika kamu melakukan hal ini dengan rutin dan sabar maka usaha tanaman hias milikmu akan segera berkembang.

Nah, itulah 15 pilihan usaha Ibu rumah tangga yang bisa dicoba. Tentu masih banyak lagi usaha yang bisa dilakukan seperti membuka kursus potong rambut, kecantikan, memasak dan lain sebagainya sesuai dengan kemampuan dan keahlian. Kamu juga bisa membaca ulasan tentang Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga yang Menjanjikan

Sehingga Ibu rumah tangga pun dapat melakukan berbagai hal yang produktif dan sekaligus menghasilkan pendapatan selain mengurus pekerjaan rumah sehari-hari.

Please rate this

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here